, bisnis internet sukses, uang, rupiah, dollar

Suku dan Budaya

Sponsored

usahaberhasil.com, bisnis internet sukses, uang, rupiah, dollar usahaberhasil.com, bisnis internet sukses, uang, rupiah, dollar usahaberhasil.com, bisnis internet sukses, uang, rupiah, dollar

Suku dan Budaya


Suku dan Budaya

Kehidupan Masyarakat dan Keamanan
Keramahan penduduk di pulau Karimunjawa menjadi ciri utama keterbukaan penduduk terhadap sesuatu yang baru bahkan yang be[um dikenal sekalipun. Ciri lain datam kemasyarakatan yang masih kentat adatah gotong royong. Menolong sesama adatah kewajiban orang hidup, semangat initah yang mendasari kerukunan dan kebersamaan masyarakat. Pada umumnya kondisi keamanan di Karimunjawa relatif berjalan dengan damai dan terkendah. Keharmonisan tetap dapat dilihat dan dirasakan di Kepulauan ini hingga saat ini. Penduduknyapun sangat terbuka dan menyambut ramah terhadap pendatang. Hal ini sangat dipengaruhi oleh budaya Jawa yang cinta damai dan tidak suka dengan keributan.

Acara tradisional
Di Kepulauan Karimunjawa terdapat beberapa acara tradisional yang dapat dikembangkan kembali, yaitu

Perkawinan Suku Bugis yang dimulai dengan acara Mapuce-puce, masuro, maddupa, Mappaenre balanja dan Pesta Anggaukeng.
Upacara Peluncuran Perahu. Acara syukuran yang telah selesainya pembuatan perahu.

Menombak Ikan. Acara menombak ikan di pantal pada saat laut surut di malam hari, biasanya penduduk membawa lampu sebagai alat penerangan.

Makam Sunan Nyamplungan. Satah satu objek wisata religi yang ada di Pulau Karimunjawa yaitu makam Sunan Nyamplungan. Sunan Nyamplungan sebagai orang pertama yang mendiami Kepulauan Karimunjawa, yang juga murid dari Sunan Kudus.

Sumur Wali. Sumur ini merupakan salah satu sumur yang disucikan di Pulau Parang, dipercaya apabila mendapati sumur tersebut berisikan air dan mengambil airnya akan membawa keberuntungan bagi yang mengambilnya.

Rumah Adat
Sebagai hasil budaya manusia din itai cukup menarik untuk dijadikan sebagai objek wisata. Keanekaragaman suku yang mendiami Kepulauan Karimunjawa merupakan aset untuk objek wisata budaya. Rumah adat suku Bugis dapat ditihat di Dukuh Batu Lawang, Dukuh legon Gede dan Dukuh Tlogo (Pulau Kernujan). Untuk suku bangsa Buton terdapat di Pulau Nyamuk. Suku Madura berdiam di Dukuhh Telaga di Pulau Kemujan, dan dukuh Karimun Pulau Karimunjawa.

Sumber Tulisan : http://www.central-java-tourism.com/id/places-pantai-karimunjawa.php


nah sekian itu artikel postingan tentang Suku dan Budaya semoga sharepaste dapat memberikan tebaik untuk anda , jangan lupa ada yang terkait tuh di bawah ini dan ada juga yang musti kamu baca lewat daftar isinya ^_^

Sponsored
usahaberhasil.com, bisnis internet sukses, uang, rupiah, dollar
Copyright 2012. All rights reserved. Check PageRank
Present by kackdir mata-update