Analisa Awal Penyebab Gempa Pandeglang Banten

Sponsored

usahaberhasil.com, bisnis internet sukses, uang, rupiah, dollar usahaberhasil.com, bisnis internet sukses, uang, rupiah, dollar usahaberhasil.com, bisnis internet sukses, uang, rupiah, dollar

Analisa Awal Penyebab Gempa Pandeglang Banten


Analisa Awal Penyebab Gempa Pandeglang Banten

Jakarta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis analisis penyebab gempa 6 skala richter yang terjadi di wilayah Pandeglang, Banten. Gempa disebabkan adanya aktivitas subduksi (tektonik) di Selat Sunda.

"Berdasarkan analisis para pakar gempa bumi ITB, dalam tahun 2011 telah beberapa kali terjadi gempa yang mirip yaitu pada 12 Januari 2011 dan 30 Desember 2011. Gempa-gempa ini membuktikan bahwa subduksi di Selat Sunda secara tektonik aktif," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam pesan singkatnya kepada detikcom, Minggu (15/4/2012).

Sutopo menjelaskan pusat gempa Minggu (15/4) pagi tadi terjadi di ujung utara bidang kontak dari lempeng Indo-Australia dengan Pulau Jawa. Gempa tersebut merupakan gempa subduksi. Ciri-ciri gempa subduksi terlihat dari arah jurusan gempa yang di atas 300 derajat dan kedalaman lebih dari 40 km dan mek anismenya sesar naik (thrust).

Menurut Sutopo, ditinjau dari lokasi gempa, maka sangat mungkin terjadi gempa susulan yang lebih besar di masa depan. Oleh karena itu, ia mengingatkan masyarakat untuk waspada.

"Adanya daerah kekosongan kegempaan (seismic gap) di bagian barat dayanya (Selat Sunda) yang berpotensi menghasilkan bencana kembali di masa depan. Maka masyarakat diwajibkan untuk terus waspada," pungkasnya.

(trq/rmd)

nah sekian itu artikel postingan tentang Analisa Awal Penyebab Gempa Pandeglang Banten semoga sharepaste dapat memberikan tebaik untuk anda , jangan lupa ada yang terkait tuh di bawah ini dan ada juga yang musti kamu baca lewat daftar isinya ^_^

Sponsored
Copyright 2012. All rights reserved. Check PageRank
Present by kackdir mata-update