'Investasi Google Bukan Melulu Data Center'

Sponsored

usahaberhasil.com, bisnis internet sukses, uang, rupiah, dollar usahaberhasil.com, bisnis internet sukses, uang, rupiah, dollar usahaberhasil.com, bisnis internet sukses, uang, rupiah, dollar

'Investasi Google Bukan Melulu Data Center'


'Investasi Google Bukan Melulu Data Center'

Jakarta - Saat sebuah perusahaan asing berskala internasional memutuskan masuk ke suatu negara, pertanyaan paling umum yang biasanya ditanyakan adalah soal investasi. Pertanyaan itu kini diajukan kepada Google yang baru saja meresmikan kehadirannya di Indonesia.

"Sesuai dengan aturan undang-undang dan ketentuan yang berlaku, Google harus membangun data center di Indonesia sebagai komitmen investasi," ujar Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Perdagangan Kementerian Perdagangan, Bachrul Chairi, usai seremoni Google Indonesia, di Gedung Cyber 2, Jakarta, Jumat (30/3/2012).

Menurutnya, pembangunan data center memang diwajibkan oleh UU Telekomunikasi No.36/1999 dan UU ITE No. 8/2005. Tujuannya, kata Bachrul, agar biaya koneksi internet semakin murah dan juga memudahkan para pelaku bisnis di Indonesia.

Menanggapi permintaan itu, Country Head Google Indonesia Rudy Ramawy mengatakan Google sudah membangun data center, tapi memang bukan di Indonesia.

"Kami sudah punya data center di Singapura, Taiwan, dan Hong Kong. Itu untuk melayani semua pengguna Google di kawasan Asia Pasifik, termasuk untuk Indonesia," katanya.

Berbicara soal investasi, menurut Rudy, tak melulu harus berupa investasi fisik. Investasi yang dilakukan bisa berupa edukasi, dan pengembangan ekosistem bisnis melalui core competency Google, yakni internet.

"Itu sebabnya kami ingin memajukan UKM di Indonesia. Ada 75 juta lebih perusahaan lokal, namun yang memiliki website baru sedikit. Investasi seperti itu yang kami berikan untuk Indonesia," kata Rudy yang pernah menjabat sebagai Chief Marketing Officer di Axis Telecom Indonesia--dulu Natrindo Telepon Seluler.

Selain investasi di UKM melalui program Bisnis Lokal Go Online, ia juga mengatakan akan lebih memperkuat kerja sama dengan para pengembang aplikasi di Indonesia.

"Investasi seperti ini yang akan lebih ditingkatkan lagi. Ini sudah kita lakukan sebelum Google resmi hadir di sini. Google sudah berinvestasi di Indonesia dalam bentuk edukasi kepada para pengembang aplikasi Android di Indonesia," papar Rudy.

Menurutnya, edukasi terhadap pengembang Android bukanlah hal yang mudah. Selain memakan waktu dan biaya, Google juga harus menyediakan para ahli yang paham mengenai sistem operasi Android.

Dengan pertumbuhan pesat pengguna smartphone dan tablet dengan sistim operasi Android di Indonesia, Rudy menilai, pertumbuhan developer Android harusnya bisa lebih besar lagi.

"Apalagi, harga perangkat Android di pasaran semakin terjangkau. Sudah turun 75% dibanding tahun lalu," katanya dalam wawancara dengan para media.

Lebih lanjut ia mengatakan, pendirian kantor perwakilan Google di Indonesia juga merupakan investasi jangka panjang perusahaan itu di Indonesia.

"Indonesia punya nilai strategis dengan tingkat pertumbuhan ekonomi dan online y ang tinggi. Kami akan membangun ekosistem di Indonesia untuk jangka panjang. Kami juga akan semakin meningkatkan kerja sama dengan para pengiklan dan operator telekomunikasi di Indonesia," papar Rudy.

Dalam waktu dekat, lanjut dia, Google juga akan mengkampanyekan beberapa program kerja samanya dengan sejumlah mitra kerja.

Namun, ketika ditanya tentang keberadaan kantornya, Google sendiri masih terus merahasiakan. "Tunggu saja, April nanti baru akan kami beritahukan di mana letak kantor Google. Saat ini saja saya belum punya kartu nama, baru pakai e-card saja," pungkas Rudy.

( rou / eno )

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

nah sekian itu artikel postingan tentang 'Investasi Google Bukan Melulu Data Center' semoga sharepaste dapat memberikan tebaik untuk anda , jangan lupa ada yang terkait tuh di bawah ini dan ada juga yang musti kamu baca lewat daftar isinya ^_^

Sponsored
Copyright 2012. All rights reserved. Check PageRank
Present by kackdir mata-update