Foto Keindahan Supermoon 2012 Dari Berbagai Belahan Dunia

Sponsored

usahaberhasil.com, bisnis internet sukses, uang, rupiah, dollar usahaberhasil.com, bisnis internet sukses, uang, rupiah, dollar usahaberhasil.com, bisnis internet sukses, uang, rupiah, dollar

Foto Keindahan Supermoon 2012 Dari Berbagai Belahan Dunia




Fenomena Supermoon kembali membuat heboh. Bahkan sejak Sabtu (5/5/2012) malam, masyarakat di berbagai daerah sudah antusias mengamati walau Bulan belum memasuki fase Purnama.


Langit di sejumlah negara pun menampilkan kondisi bulan yang tidak biasa. Bulan menampakkan diri dalam kondisi terbaiknya atau yang sering disebut fenomena supermoon.

Disebut supermoon karena bulan malam nanti melintas lebih dekat ke bumi daripada hari-hari biasanya. Penampakan supermoon paling sempurna tentu dapat dilihat pada tengah malam, di mana posisi bulan berada di atas kepala sehingga pandangan mata tidak akan terhalang oleh apapun.

Supermoon yang biasa terjadi 18 tahun sekali ini menampakkan bulan yang 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih cerah saat saat lewat pada jarak 221.802 mil dari bumi atau sekitar 15.300 mil lebih dekat dari jarak rata-rata.

Fenomena bulan raksasa ini terlihat indah di sejumlah negara seperti di Yordania, Amerika Serikat, Lebanon, Albania, Mesir, dan Rumania.

Puncak purnama terjadi pada Minggu (6/4) pagi 10.35 WIB dengan perigee (jarak terdekat) Bulan dengan Bumi terjadi pada pukul 10.34 WIB pada jarak 357.000 km, 27.000 km lebih dekat dari rata-ratanya, 384.000 km.

Meski lebih dekat dengan Bumi, orang awam sebenarnya sulit melihat penambahan ukuran dan kecerlangan Bulan di saat purnama terdekat tersebut.

Kejadian jarak Bulan terdekat dengan Bumi adalah peristiwa bulanan, yang periodenya sekitar 27,3 hari. Adapun peristiwa purnama juga kejadian bulanan dengan periode sekitar 29,5 hari.

Supermoon tahun ini cukup istimewa. Waktu Purnama dan perigee yang hanya terpaut 1 menit cukup langka, menjadikan Supermoon tahun ini sebagai salah satu yang terbaik.

Di Indonesia, fenomena ini kemungkinan baru akan terlihat pada 6 Mei, atau bertepatan dengan perayaan Hari Raya Waisak. Menurut pakar astronomi Dr. Moedji Raharto, supermoon mulai bisa dilihat selepas sore hingga menjelang pagi. Usai matahari terbenam, bulan akan langsung terbit di langit timur.

Penampakan supermoon paling sempurna tentu dapat dilihat pada tengah malam, di mana posisi bulan berada di atas kepala sehingga pandangan mata tidak akan terhalang oleh bangunan dan gedung bertingkat apapun.

Bulan super terbit di atas beberapa bangunan apartemen di Toronto, Kanada



Bulan purnama super terbit di belakang masjid di Amman, Yordania


Bulan terbit di dekat sebuah blok apartemen di Bucharest, Romania 5 Mei 2012.


Bulan purnama super besar terbit di Papago Park di Phoenix, Arizona,Amedika Serikat


Bulan purnama super terlihat dibelakang menara masjid Muhammad Ali, di Kairo


Bulan purnama terbit dari puncak gunung Haramoun, seperti yang terlihat dari desa Marjayoun di Libanon selatan


Bulan purnama super besar terbit di Tirana, Albania,


sumber

Artikel Terbaru Seputar Bola dan Prediksi Bola | var obj0=document.getElementById("aim12906543743233231798"); var obj1=document.getElementById("aim22906543743233231798"); var s=obj1.innerHTML; var r=s.search(/\x3C!-- adsense --\x3E/igm); if(r>0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+16);}

Sponsored

Copyright 2012. All rights reserved. Check PageRank